Training CSR Promoting Conflict Prevention
Konflik sosial kerap kali terjadi antara perusahaan dan masyarakat sekitar, bahkan sering kali menimbulkan gangguan pada operasional perusahaan atau bisa menimbulkan korban harta benda dan juga jiwa. Berbagai faktor menjadi akar masalah terjadinya konflik sosial, oleh karena itu pendekatan yang diperlukan adalah pendekatan menyeluruh, partisipatif dan berkelanjutan untuk memastikan keberlangsungan investasi perusahaan. Hal ini merupakan tugas dari perusahaan untukmengurangi dan menangani potensi konflik yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan melalui salah satunya pembuatan program pemberdayaan masyarakat (program CSR) yang efektif, efisien dalam kerangka kehidupan masyarakat yang berkelanjutan.
TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN
Pelatihan ini akan membahas mengenai CSR Promoting Conflict Prevention. Sehingga diharapkan:
- Peserta pelatihan mampu menganalisa kerentanan, potensi dan sumber konflik antara masyarakat-perusahaan
- Peserta pelatihan mampu menyusun konsep – konsep penyusunan program peberdayaan masyarakat guna mitigasi konflik
- Peserta pelatihan mampu menyusun program pemberdayaan masyarakat guna mempromosikan mitigasi konflik
- Peserta pelatihan mampu menyusun strategi program CSR pencegahan konflik yang tengah dihadapi oleh perusahaan
MATERI
A. Analisis Resiko Sosial (Social risk)
- Paradigma perubahan mendasar sistem keamanan perusahaan pasca reformasi
- Pengenalan sistem sosial dan pendekatan ke masyarakat
- Mengidentifikasikan kerentanan – kerentanan di masyarakat
- Pemetaan potensi konflik pada tiap tahapan operasional perusahaan
- Studi kasus : kerentanan dan konflik perusahaan – masyarakat
B. Model – model program pemberdayaan masyarakat
- Teknik – teknik participatif menyusun program pemberdayaan
- PRA (Participatory Rural Appraisal)
- RRA (Rural Rapid Appraisal)
- Analisis kepentingan dan penerima manfaat
- Penyusunan program pemberdayaan masyarakat untuk mitigasi konflik
- Study kasus
C. Monitoring program pemberdayaan masyarakat
- Management program berbasiskan hasil
- Penyusunan Grievance Mechanism
- Best practice : Issues monitoring – SMART monitoring tools
- Best practice : Radio Komunitas – sebagai media resolusi konflik
TARGET PESERTA PELATIHAN
- Pimpinan perusahaan dan pihak pengambil kebijakan
- Manajer & Staf Comdev / CSR
- Semua elemen di perusahaan yang terlibat didalam program CSR
- Semua pihak yang membutuhkan pengetahuan seputar CSR Promoting Conflict Prevention
TRAINING METHOD
- Group Discussions
- Group & Individual Exercises
- Presentations
- Games
- Case Studies
- Role Plays
- Self-Assessment
- Action Plan
FACILITIES
- Certificate,
- Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB),
- Bag.
- Training Material (HandOut & SoftCopy)
- Convenient training facilities in stars hotel (Public Training)
- Lunch and Coffee Breaks (Public Training)
- Souvenir
Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.
Catatan :
- Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Trainingdengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
- Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
- Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
- Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Info Jadwal Training , Training, Training di Bandung, Training di Jakarta, Training di Bali, Training di Yogyakarta, Training di Lombok, Training di Surabaya, Training di Malang, Training di Solo, Training di Medan, Training di Manado, Training di Batam, Training di Semarang, Training di Bogor,
No comments:
Write comments