Tuesday, May 30, 2017

Training Media Relation and Communication


Training Media Relation and Communication

Media massa telah menjadi bagian dari pribadi, organisasi, dan kehidupan manusia, bahkan bisa dikatakan bahwa hampir tidak ada aktivitas kita yang tidak melibatkan media massa didalam kehidupan kita. Hubungan baik dengan media telah menjadi hal yang sangat penting dalam melakukan suatu branding, hubungan baik dengan media tidak hanya untuk berperan sebagai “pemadam kebakaran” atau sebagai solusi ketika masalah terjadi. Hubungan baik dengan media harus terus menerus dan saling menguntungkan.
Kemampuan dalam membangun sistem komunikasi melalui media secara tepat selain dapat menguntungkan kedua belah pihak, juga dapat berperan untuk mengubah persepsi masyarakat sesuai dengan seperti apa yang diharapkan.
.

TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN
Pelatihan ini akan membahas mengenai Media Relation and Communication. Sehingga diharapkan:
  1. Peserta pelatihan mampu memahami kemampuan / keterampilan apa saja yang dibutuhkan terkait dengan media sebagai konsep / strategi membangun persepsi masyarakat hingga pengaplikasiannya.
  2. Peserta pelatihan dapat berbagi pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan metode, konsep, strategi, serta teknik media relation untuk mendukung profesionalisme kinerja hariannya.
  3. Peserta pelatihan akan mendapatkan panduan teknis yang terkait dengan media, baik media cetak dan elektronik.

MATERI
A. The Nature of Media
  1. How to understand the category and media characteristic
  2. on this session, participants will understand about every category and media characteristic in Indonesia, such as :
    • How media work
    • The Deadline of each media (newspaper, TV, Radio, Magazine/tabloid and Internet)
    • The nature/ characteristic of newspaper, TV, Radio, Magazine/tabloid and Internet)
  3. Media Control  (ownership Vs Control of Media)
  4. On this session, participants will understand about every category and media characteristic in Indonesia, such as :
    • Conceiving the media ownership and it influence toward of the organization (media user)
    • Media owner intervention (Management) toward of media independency
B. Why Media Relations
C. Media Relation Definition
  1. The definition of media Relation, between fact and theory
  2. Media relations type
  3. How media works
    • The things to be prepared by Journalist before the interview
    • The question to be asked to resource person/ informant by Journalist
    • The journalist tendency in finding news and what media pursuit to journalists
  4. Understanding journalist pursuit and behavior
    • The things to be prepared by Journalist before the interview
    • The question to be asked to resource person/ informant by Journalist
    • The journalist tendency in finding news and what media pursuit to journalists
D. Crisis Communications Team
  1. Crisis Team Handle Formation
    • Team Formation process
    • Component and Job Descriptions in Crisis Team
    • Assignment and spokesperson debriefing
  2. Writing Press Statement
    • Press statement composing technique
    • Press statement evaluation composing
    • Press statement distribution
E. Handling Press Release
  1. Key Message assignment
  2. Press release composing
  3. Press release distribution
F. Media Interview
  1. Interview Preparation
    • Understanding characteristic and media type
    • Understanding media pursuit and behavior
    • Understanding media relation form, news value, and news source to journalist
  2. Trick/ technique facing the journalist
    • How to avoid media entrapment
    • The answer to avoid
    • The answer to give
    • How to give the good answer
  3. Media Interview Technique
    • Television
    • Print (Newspaper, Magazine, News Online, etc)
    • Radio

TARGET PESERTA PELATIHAN
  • Manajer Humas atau PR
  • Staff Humas atau PR
  • Semua pihak yang membutuhkan pengetahuan seputar Media Relation and Communication

TRAINING METHOD
  • Group Discussions
  • Group & Individual Exercises
  • Presentations
  • Games
  • Case Studies
  • Role Plays
  • Self-Assessment
  • Action Plan
FACILITIES
  • Certificate,
  • Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB),
  • Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel (Public Training)
  • Lunch and Coffee Breaks (Public Training)
  • Souvenir
Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.
Catatan :
  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Trainingdengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
 
Info Jadwal Training , Training, Training di Bandung, Training di Jakarta, Training di Bali, Training di Yogyakarta, Training di Lombok, Training di Surabaya, Training di Malang, Training di Solo, Training di Medan, Training di Manado, Training di Batam, Training di Semarang, Training di Bogor,

No comments:
Write comments