Training ISO 26000 Corporate Social Responsibility-CSR
PENGANTAR
Pada era globalisasi seperti sekarang ini, yang menekankan perusahaan menjadi ramah lingkungan, perlu melakukan pengelolaan dengan baik terhadap CSR sebagai bagian dari pertanggungjawaban social profitable company kepada stakeholder eksternal sehingga akan berdampak pada peningkatan barnding maupun positioning perusahaan. Sebagai salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban terhadap kegiatan CSR , maka dalam pembuatan Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) harus lebih komprehensif (tidak hanya sekedar laporan keuangan), sehingga dapat dibuktikan dan akan mendukung strategi perusahaan serta dapat menunjukkan komitmen terhadap pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development) dari area geografis sasaran penjualan/operasional perusahaan.
ISO 26000 merupakan standard rujukan dari the International Organisation for Standardization (ISO) yang secara khusus berfokus pada tanggung jawab sosial. ISO 26000 ini dipersiapkan secara khusus sebagai standard global yang berlaku secara internasional sebagai referensi dan patokan bagi perusahaan-perusahaan yang mempunyai komitmen untuk membentuk masa depan bisnis yang bertanggung jawab. Standard ISO 26000 ini akan menjadi landasan perspektif tentang konsep dan aplikasi dari Social Responsibility (SR) berbagai isu yang perlu dikaji dalam rangka operasionalisasi bisnis yang bertanggung jawab dan berbagai best practices dalam rangka penerapan standard Social Responsibility ini. Standard rujukan ISO 26000 bertujuan untuk menyediakan dukungan praktis yang terkait dengan operasionalisasi tanggung jawab sosial, identifikasi dan pelibatan stakeholders dalam program-program komunitas, dan upaya meningkatkan kredibilitas serta citra atas laporan dan klaim dari aktivitas perusahaan yang berorientasi kepada tanggung jawab sosial.
Di Indonesia, CSR merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh perusahaan. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah yang termaktub pada pasal 74 UU Perseroan Terbatas (UUPT). Hal ini menuntut wajib bagi para perusahaan, kelembagaan maupun institusi untuk melaksanakan ISO 26000 dimana semua organisasi tersebut juga dituntut untuk memperhatikan aspek social, dan lingkungan selain daripada aspek keuangannya. Meskipun ISO 26000 belum seluruhnya di terapkan oleh organisasi-organisasi karena CSR dianggap tidak mampu memberikan dampak keuntungan keuangan dalam jangka pendek, dan karena ketidak-tahuan dalam mengelolah CSR dengan baik. Maka dari itu perlu dilakukan pemahaman tentang isi dan implementasi ISO 26000 agar pelaksanaan program CSR dapat berjalan dengan baik.
TUJUAN:
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat:
Memahami konsep Training ISO 26000: CSR Guidance (Sistem Manajemen Corporate Social Responsibility)
Memahami konsep, pendekatan, subyek, metoda dan teknik yang diperlukan untuk mengelola program tanggung jawab sosial secara efektif di dalam perusahaan
Memahami hubungan antara komponen program tanggung jawab sosial berbasis ISO 26000 dengan pemenuhan persyaratan kebutuhan stakeholders yang berbeda-beda
Mendapatkan keahlian yang dibutuhkan untuk mendukung perusahaan dalam rangka untuk menerapkan, mengelola dan memelihara program tanggung jawab sosial sebagaimana rujukan dari standard ISO 26000
Mendapatkan keahlian yang diperlukan untuk mengelola tim yang bertugas untuk menerapkan praktek ISO 26000
Mengembangkan pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk memberikan dukungan kepada perusahaan menyangkut best practices di dalam manajemen tanggung jawab sosial sesuai dengan ISO 26000
Meningkatkan kapasitas analisis dan pengambilan keputusan dalam konteks tanggung jawab sosial di dalam perusahaan sesuai dengan ISO 26000.
MATERI:
Latar belakang pengembangan ISO 26000
Alasan pembangunan program CSR bagi perusahaan dan manfaatnya
CSR berdasarkan standar internasional ISO 26000
Pembangunan program CSR ISO 26000 terintegrasi dengan PP 74 UU PT
Pengenalan dan ruang lingkup ISO 26000
Definisi, regulasi, implementasi dan pelaporan CSR
Evaluasi CSR
Isu-isu CSR di Asia : tata kelola perusahaan, kepatuhan terhadap hukum, penghormatan terhadap norma dan HAM, perubahan iklim, sumber daya manusia, isu lingkungan
Pelaporan kegiatan CSR ke seluruh pemangku kepentingan (stakeholder)
Kiat sukses membangun, mempromosikan danmendorong implementasi CSR berdasarkan ISO 26000
PESERTA:
Manajer dan staff public relations, corporate secretary, corporate communications atau karyawan lain yang menjalankan fungsi public relations untuk menjaga citra perusahaan dan produknya.
Personel perusahaan yang terlibat dalam program CSR dan bagian lain yang terkait seperti SDM, Perencanaan Operasi dan Pemeliharaan, Akuntasnsi, Lingkungan dan K3.
TRAINING METHOD
Group Discussions
Group & Individual Exercises
Presentations
Games
Case Studies
Role Plays
Self-Assessment
Action Plan
FACILITIES
Certificate,
Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB),
Bag.
Training Material (HandOut & SoftCopy)
Convenient training facilities in stars hotel (Public Training)
Lunch and Coffee Breaks (Public Training)
Souvenir
Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.
Catatan :
Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Trainingdengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
No comments:
Write comments