Training Teknik Komunikasi Efektif Dalam Meningkatkan Performa Kerja
Deskripsi
Sejak diperkenalkan David C. Mc Clelland, profesor psikologi dari Harvard University, Achievement Motivation Training (AMT) menjadi suatu kebutuhan bagi banyak perusahaan raksasa di dunia untuk lebih meningkatkan kinerja karyawannya melalui peningkatan motivasi berprestasi (achievement motivation). Hal ini mudah dipahami, karena setiap organisasi atau perusahaan pada dasarnya sangat bergantung pada prestasi dan kinerja karyawan di dalamnya. Sangat sulit dibayangkan, kinerja organisasi dapat dicapai secara memuaskan di tengah kondisi para karyawan yang bekerja secara ala kadarnya tanpa motivasi secara memadai.
Salah satu faktor untuk meningkatkan motivasi berprestasi adalah melalui tata komunikasi yang efektif baik di antara karyawan secara individual maupun di antara para karyawan sebagai keseluruhan. Tanpa komunikasi yang baik, sangat besar kemungkinan individu-individu dalam perusahaan cenderung bekerja sendiri-sendiri tanpa memikirkan keberadaan tim sebagai sebuah sistem. Akibatnya, prestasi dan kinerja yang dicapai pun akan bersifat parsial. Dalam sistem organisasi modern, yang umumnya lebih menekankan teamwork, pola kerja parsial individual semakin dihindari. Terlebih lagi di tengah iklim persaingan yang semakin ketat. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman serta teknik-teknik dalam melakukan komunikasi yang efektif antar individu dalam teamwork sehingga dapat meningkatkan performa atau kinerja karyawan.
Tujuan
Setelah mengikuti training ini peserta diharapkan dapat mengetahui prinsip-prinsip serta teknik dalam komunikasi yang efektif, yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja karyawan.
Materi
1. Pentingnya Komunikasi
2. Pengertian & Jenis-Jenis Komunikasi
2. Pengertian & Jenis-Jenis Komunikasi
- Komunikasi Verbal & Nonverbal
- Lisan & Tertulis
- Resmi & Tak resmi
- Sadar & Tak sadar
- Manusia & Mesin
3. Unsur-Unsur dan Proses Komunikasi
- Sender dan Encoding
- Pesan (Message)
- Receiver dan Decoding
- Umpan Balik (Feedback)
- Gangguan (Barrier)
4. Tingkat-Tingkat Komunikasi
- Komunikasi Intrapersonal, Interpersonal, Kelompok, Massa, Organisatoris
5. Hambatan Komunikasi
- Kerangka Acuan (Frame of Reference)
- Menyimak Secara Selektif (Selective Listening)
- Kredibilitas Pengirim Pesan
- Masalah Semantik
- Beban Laik Komunikasi (Communication Overload)
6. Komunikasi Yang Memotivasi
- Mengembangkan Motivasi Kelompok
- Pimpinan Kelompok sebagai “Sender”
- Pimpinan Kelompok sebagai “Receiver”
7. Teknik dalam berkomunikasi
- Komunikasi antar individu/ rekan kerja
- Komunikasi dengan atasan
- Komunikasi dengan bawahan
8. Role play dan studi kasus
Peserta
Personil yang dapat mengikuti pelatihan yaitu: Staff, Supervisor, Manager hingga level di atasnya didalam bidang komunikasi, human resources, public relation, customer service, atau divisi lainnya yang membutuhkan pelatihan ini.
TRAINING METHOD
- Group Discussions
- Group & Individual Exercises
- Presentations
- Games
- Case Studies
- Role Plays
- Self-Assessment
- Action Plan
FACILITIES
- Certificate,
- Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB),
- Bag.
- Training Material (HandOut & SoftCopy)
- Convenient training facilities in stars hotel (Public Training)
- Lunch and Coffee Breaks (Public Training)
- Souvenir
Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.
Catatan :
- Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Trainingdengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
- Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
- Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
- Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Info Jadwal Training , Training, Training di Bandung, Training di Jakarta, Training di Bali, Training di Yogyakarta, Training di Lombok, Training di Surabaya, Training di Malang, Training di Solo, Training di Medan, Training di Manado, Training di Batam, Training di Semarang, Training di Bogor,
No comments:
Write comments