Training Manajemen Purchasing
Deskripsi
Departemen Purchasing (pembelian) memiliki peran penting dalam kegiatan operasional perusahaan. Hasil akhir yang ingin didapat adalah pembelian dengan karakteristik: right quality and quantity from the right vendor, right time, right price and right service. Tugas departemen pembelian tidak hanya melakukan proses pemesanan material dan bersifat administratif saja tetapi meliputi keseluruhan proses yang terjadi dalam pembelian tersebut, antara lain : melakukan seleksi vendor, mewawancara vendor, negosiasi dengan vendor, analisa penawaran dan menentukan alternatif keputusan, memilih vendor, mengeluarkan purchase order (PO), serta menangani masalah-masalah yang mungkin timbul dalam proses pembelian tersebut maupuan permasalahan dengan vendor. Semua proses diatas, apabila tidak dipahami dengan baik, dapat menimbulkan pemborosan dalam perusahaan. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman tentang proses-proses yang terjadi dalam kegiatan pengadaan atau procurement atau pembelian.
Aktifitas pengadaan material tidak hanya memilih supplier serta pemesanan material tetapi lebih dari itu. Dalam training manajemen purchasing ini, peserta tidak hanya dibekali konsep dan teori agar biaya pengadaan material bisa turun tetapi peserta juga akan mempraktekan metoda pendukung yang digunakan seperti teknik negosiasi yang effektif, teknik pemilihan dan evaluasi supplier yang benar serta teknik meningkatkan kinerja supplier.
TUJUAN:
Memahami konsep dan implementasi effective procurement management
Mampu melakukan perencanaan pembelian
Mampu menganalisis, mewawancara, menyeleksi dan mengevaluasi Vendor secara objective dan efektif.
Peran purchasing dalam supply chain.
Industrial buying behavior: decision making in purchasing.
Mempelajari dan mempraktekan ketrampilan negosiasi (Negotiation Skill) yang bisa memberikan Keuntungan bersama dengan supplier.
Mempelajari dan mempraktekan proses penilaian kinerja supplier secara objective.
Dapat memahami kerangka pikir tentang peran penting menjalin kerjasama dengan Vendor.
Memahami proses pengadaan barang/ jasa sesuai dengan kebutuhan bisnis hingga mendapatkan beberapa vendor yang memenuhi keriteria.
Dapat merumuskan strategi kerjasama dengan vendor, seperti strategi kolaborasi, outsourcing dll.
Menetapkan vendor terpilih dan menyusun pengikatan pengadaan barang/ jasa tertentu.
Memonitor dan mengelola kinerja vendor agar sesuai dengan pengikatan (kontrak) yang telah disepakati dan selaras dengan tujuan perusahaan.
MATERI:
Manajemen strategi
Peran purchasing dalam supply chain
Memahami pembelian material untuk industri (industrial buying behavior)
Memahami purchasing management process
Dinamika lingkungan makro
Apa yang disebut dengan strategic management
Environment threat and opportunity profile (ETOP)
Strategic advantage profile (SAP)
Generic strategy
Apa yang dimaksud dengan Purchasing Strategy
Proses Strategis Purchasing
2. Peran Pengadaan dalam kehidupan perusahaan
Pentingnya purchasing dalam kehidupan perusahaan di era globalisasi
Objektif kegiatan pengadaan
Pentingnya aspek kualitas dalam kegiatan pengadaan
Aspek hukum pengadaan
Hubungan departemen pengadaan dengan departemen lain
Diskusi tentang persoalan purchasing management di masing-masing perusahaan
Strategi dan kebijakan pengadaan
Model strategi pengadaan
Cara mengukur bargaining position perusahaan dengan supplier
Kebijakan pengadaan
Parameter pengadaan
Proses pengadaan
Teknologi informasi dalam bidang pengadaan
Diskusi tentang perumusan strategi pengadaan
Total cost ownership
Market Price, Proposal Price, Historical Price, Target Price
Total cost ownership dengan Konsep Present Value
Forecasting Demand
Taxonomi Metode Forecasting
Error dalam Forecasting
Pola data masa lalu
Perhitungan Forecasting dengan berbagai metode kuantitatif dengan menggunakan software Win QSB
Teknik Pemilihan Supplier dan Supplier Development
Source-selection Model
Teknik pemilihan subkontraktor
Make-or-buy Decision
Teknik evaluasi supplier
Teknik Pembinaan supplier
Diskusi tentang permasalahan pemilihan supplier
Pengadaan barang dan jasa dari pasar Internasional
Manfaat pengadaan Internasional
Sumber informasi barang dan jasa Internasional
Masalah yang biasanya dihadapi dalam pengadaan Internasional
Diskusi
Seni dan Teknik Negosiasi
Apa manfaat negosiasi
Price Analysis for Negotiation
Teknik perencanaan dan persiapan negosiasi
Karakteristik negosiator yang baik
Diskusi tentang permasalahan yang biasa dihadapi dalam negosiasi
Managerial guideline untuk terciptanya Supplier Partnership
Tahap awal
Identifikasi potential partners
Pemilihan supplier
Evaluasi partnership
PESERTA
Semua industri yang terkait dengan PROCUREMENT, rumah sakit, hotel, jasa pelayanan umum dan semua bagian yang terkait dengan PROCUREMENT.
Manager dan Staff Logistics /supply chain , Purchasing , Warehousing , Distribution , Logistics Planner, Production, Production Planner, Marketing dan semua posisi yang erat kaitannya dengan manajemen purchasing and logistik serta siapa saja yang ingin mengetahui perkembangan purchasing and procurement
TRAINING METHOD
Group Discussions
Group & Individual Exercises
Presentations
Games
Case Studies
Role Plays
Self-Assessment
Action Plan
FACILITIES
Certificate,
Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB),
Bag.
Training Material (HandOut & SoftCopy)
Convenient training facilities in stars hotel (Public Training)
Lunch and Coffee Breaks (Public Training)
Souvenir
Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.
Catatan :
Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Trainingdengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
No comments:
Write comments